Trading vs Investasi – Ketahui Perbedaannya!

Trading vs Investasi - Ketahui Perbedaannya!

Tom Trader dan Investor Ian

Untuk mendapatkan gambaran yang baik tentang trading dan investasi, bayangkan Tom, seorang pria berusia 30 tahun yang duduk di depan enam layarnya, memeriksa grafik, mengetik dengan penuh semangat di keyboardnya, sesekali mengutuk atau berteriak ya. Tom berdagang. Sekarang bayangkan Ian berusia 50-an duduk di rumah pada malam hari memeriksa portofolionya. Dia melakukan transaksi terakhirnya 6 bulan lalu dan sekarang dia membandingkan portofolionya dengan tujuan keuangan jangka panjangnya. Ian berinvestasi.

Tiga Perilaku Dengan Uang

Kemungkinannya adalah Anda bukan Tom atau Ian, tetapi di antara keduanya. Sekarang setelah Anda memutuskan untuk menangani uang Anda sendiri, ini adalah saat yang tepat untuk mencari tahu ke arah mana Anda condong. Ada tiga perilaku di pasar yang bisa Anda ikuti.

  1. Bekerjalah Untuk Uang Anda

Jika Anda membaca Brokerchooser dalam beberapa waktu dalam hidup Anda, Anda kemungkinan besar membayangkan bahwa Anda akan menjadi seorang trader, dapatkan banyak uang dengan perdagangan yang cemerlang. Yang benar adalah trading itu pekerjaan. Untuk menjadi seorang trader, Anda harus melakukan:

  • Tahu banyak tentang pasar
  • Mendedikasikan jumlah waktu yang signifikan untuk kegiatan ini
  • Sangat rajin
  • Menangani situasi stres dengan sangat baik

Namun, trading dapat menjadi profesi yang layak dan ada banyak orang melakukan ini sebagai seorang profesional. Seorang trader sebagian besar menghasilkan uang dari merapikan penyimpangan di pasar. Jika Anda ingin melakukan ini, ada jalan panjang di depan Anda. Dan beberapa jalan ini akan sulit.

  1. Bermainlah Dengan Uang Anda

Jika Anda pernah membeli kertas di pasar, kami yakin Anda tahu kedinginan di tulang punggung Anda ketika Anda memeriksa harga saat ini dan melihat apakah Anda menghasilkan atau kehilangan uang. Ini menyenangkan! Dan ya, ini adalah cara yang adil untuk bersenang-senang. Namun, Anda harus tahu, bahwa kegembiraan ini adalah yang paling mungkin menjadi malapetaka Anda. Jika Anda ingin menangani uang Anda sendiri untuk bersenang-senang, sangat bijaksana untuk jujur pada diri sendiri dan tahu inilah sebabnya Anda melakukan ini.

  1. Buat Uang Anda Bekerja Untuk Anda

Jika Anda memiliki sejumlah uang dan Anda mungkin ingin mengambil risiko sedikit lebih banyak dan mendapatkan sedikit lebih banyak daripada simpanan bank vanilla Anda. Ini cerdas secara umum. Studi menunjukkan bahwa pasar saham mengungguli deposito bank dalam jangka panjang. Tunggu, bukankah kami hanya mengatakan bahwa Anda tidak dapat mengungguli pasar. Dalam hal itu cara yang cerdas adalah ‘membeli pasar’. Anda dapat melakukan ini, ini masuk akal dan ini adalah cara paling mudah untuk berinvestasi. Ini tidak mudah karena Anda membutuhkan uang untuk itu dalam jangka menengah. Untuk menjadi investor Anda harus:

  • Bersabarlah
  • Punya uang untuk diinvestasikan yang tidak Anda perlukan untuk jangka pendek/menengah
  1. Orang Melihat Dunia Secara Berbeda

Tiga perilaku dengan uang itu bagus dan sederhana, tetapi kenyataannya orang melihat dunia secara berbeda. Dengan kata lain mereka memiliki pandangan. Anda mungkin berpikir bahwa China akan berhasil di masa depan, atau bahwa harga minyak akan turun, atau bahwa saham XY akan bangkit kembali pagi ini dll.

Teori ekonomi mengklaim bahwa harga pasar saat ini mencerminkan semua informasi yang tersedia. Dengan kata lain jika diketahui bahwa China akan berhasil, orang akan sudah membeli China, maka harganya lebih tinggi. Anda membelinya, karena Anda tidak percaya apa yang dikatakan semua orang. Lihatlah seperti ini:

Ketika Anda mulai memiliki pandangan dan membeli sesuatu karena Anda pikir harganya akan naik dalam jangka menengah Anda berakhir di suatu tempat antara ‘membuat uang Anda bekerja’ dan ‘bermain dengan uang Anda’. Orang-orang ini biasanya disebut investor. Ini kesalahan umum untuk berpikir bahwa Anda adalah investor penuh padahal kenyataannya Anda juga bermain sedikit dengan uang Anda.

Ketika Anda memiliki pandangan tentang pergerakan harga jangka pendek (dalam menit atau hari berikutnya) Anda berada di suatu tempat antara bekerja untuk uang Anda dan bermain dengan uang Anda. Orang-orang ini biasanya disebut trader. Ini kesalahan umum untuk berpikir bahwa Anda adalah pedagang penuh padahal kenyataannya Anda juga bermain sedikit dengan uang Anda.

Baik, tapi apa gunanya? Intinya adalah untuk menentukan preferensi Anda dalam trading vs investasi Anda harus tahu banyak tentang diri Anda apa yang ingin Anda lakukan. Semua perilaku baik-baik saja (ya, bahkan bermain dengan uang Anda). Anda hanya perlu tahu apa itu apa dan apa yang ingin Anda lakukan.

Jumlah Pertanyaan

Tanyakan pertanyaan-pertanyaan ini tentang diri Anda dan pikirkan tentang artinya? Ini akan membantu Anda memutuskan di mana Anda berada di trading vs investasi:

  • Seberapa sering Anda ingin berdagang dan untuk berapa lama Anda ingin memegang kertas? Apakah ini lebih seperti investasi atau trading?
  • Berapa banyak investasi keseluruhan yang akan Anda tangani sendiri? Apa motivasi utama Anda di balik investasi ini?
  • Apakah Anda akan melakukan perdagangan yang ingin Anda tutup dalam beberapa jam/hari berikutnya? Bagaimana Anda memilih perdagangan ini? Seperti apa perilaku ini?
  • Apakah Anda akan melakukan perdagangan yang ingin Anda pegang untuk melihat sejauh mana ia bisa naik? Bagaimana Anda memilih perdagangan ini? Seperti apa perilaku ini?

Jangan khawatir ini adalah pertanyaan yang sulit, dan kami yakin jawaban Anda akan berubah sepanjang waktu. Yang menarik adalah bahwa Anda akan memerlukan keterampilan yang berbeda untuk menjadi investor dan trader.

Leave a Reply